Saturday, December 24, 2011

Google Siapkan Majel Sebagai Rival Siri

Google Siapkan Majel Sebagai Rival Siri - Apple mendatangkan fitur asistensi berbasis suara, Siri, sebagai salah satu keunggulan saat memperkenalkan iPhone 4S. Seakan tak mau kalah, Google pun mempersiapkan rival Siri, yang kemungkinan siap dirilis dalam waktu dekat.

Seperti dikutip dari laman The Inquirer, rival Siri yang sedang dipersiapkan Google itu bernama Majel. Nama Majel sendiri diambil dari Majel Barret-Roddenberry, pengisi suara komputer di serial Star Trek.

Seperti Siri di iPhone 4S, Majel juga dipersiapkan sebagai fitur interaktif. Sehingga pengguna smartphone berbasis Android bisa melakukan perintah berbasis suara atau menanyakan sesuatu. Bahkan, laman Androidandme menyebut Majel bisa digunakan di bahasa alamiah (atau mungkin bahasa ibu) yang ada di beberapa negara, dan bukan hanya bahasa Inggris.

Majel akan berintegrasi dengan fitur Google lain. Jadi, jika Anda bertanya hal seperti "Seperti apa patung Liberty?", maka Majel akan menjawab dengan memperlihatkan fotonya di Google Image, menunjukkan petanya di Google Maps, juga memberikan informasi dari Wikipedia.

Seorang karyawan Google yang tak mau disebut namanya mengungkapkan, Majel akan lebih baik dari Siri karena menggunakan mikrofon berkualitas tinggi dan asistensi pembaca gerak bibir (lip-reading assistance).

"Saya berkesempatan berinteraksi secara personal dan itu merupakan hal paling menarik yang pernah saya alami. Seperti berbicara dengan Stephen Hawking karena (Majel) sangat pintar dan bisa berinteraksi secara alamiah. Ada juga rencana fase dua untuk pengembangan platform robotik," jelasnya.

Tapi hingga saat ini belum ada konfirmasi secara resmi dari Google mengenai teknologi Majel ini.